PKK Ambon Juarai Lomba Masak B2SA Tingkat Provinsi

By Numpang Admin - Jumat, 2019-06-28

Kategori : Event PKK


gambar

Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Ambon yang dipimpin oleh Wakil Ketua, Iffah Syarif berhasil menjadi juara pertama dalam lomba masak Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman berbasis pangan lokal (B2SA) tingkat Provinsi Maluku, yang berlangsung di Gedung Islamic Center, Selasa (24/7/2018).

Tim yang mewakili Kota Ambon dalam Lomba tersebut merupakan perpaduan dari Juara I, II, dan III, pada Lomba Masak B2SA Tingkat Kota Ambon yakni Desa Soya – Kecamatan Sirimau, Kecamatan Leitimur Selatan dan Kecamatan Baguala.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kota Ambon, Silvia Abdullah menjelaskan, menu yang disajikan dalam lomba tersebut, terdiri dari menu makan pagi, antara lain pizza Amboina (bahan dasar sukun), juice merah putih dan susu 200ml; menu makan siang, yakni ubi pelangi, kare Gumira, ikan panggang kenari serta manisan salak; dan menu makan malam, yaitu selimut kembang (bahan dasar sukun), ikan spiral (ikan tuna), urap pucuk beringin dan pisang madu.

“Pemenang lomba masak B2SA, PKK Kota Ambon akan mewakili Provinsi Maluku untuk mengikuti lomba masak B2SA tingkat nasional yang direncanakan akan berlangsung tepat di hari pangan sedunia pada bulan Oktober mendatang,” jelas Silvia.

Selain meraih Juara I pada lomba masak B2SA berbasis pangan lokal, tambah Silvia, Kota Ambon juga meraih Juara II pada lomba masak serba ikan.

Adapun tim juri pada lomba tersebut antara lain, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Tiurma Sinaga, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Gharib, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Theny Barlola, Chef Swiss-bell hotel, TP-PKK Pusat dan Provinsi Maluku. (MR-02/Diskominfo Amq)