TP PKK Kota Ambon Raih Juara Harapan I Pada Jambore Kader PKK Nasional

By Numpang Admin - Sabtu, 2019-06-29

Kategori : Event PKK


gambar

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kota Ambon yang mewakili Provinsi Maluku dalam Jambore Kader PKK Tingkat Nasional tahun 2016 di Jakarta,berhasil meraih juara harapan I untuk kategori pentas kreatifitas daerah.

“Pada Jambore tingkat nasional tahun ini,kader TP PKK Kota Ambon mendapat kepercayaan dari provinsi untuk mengikuti lomba Pentas Kreatifitas Daerah, dan kita bersyukur karena berhasil meraih Juara Harapan I,”Kata Ketua TP PKK Kota Ambon, Ny. Betsy Papilaya yang ditemui usai kegiatan, Jumat (2/12) di Jakarta.

Jambore Kader PKK tingkat nasional ini digelar 29 November -2 Desember 2016 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta inin digelar disamping untuk menambah wawasan dan motivasi juga sebagai ajang silaturahmi dan salah satu bentuk penghargaan kepada kader PKK se Indonesia yang telah bekerja keras dan tak kenal lelah dalam upaya memberdayakan dan mewujudkan keluarga sejahtera.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri)sekaligus ketua pembina TP PKK Pusat Tjahjo Kumolo yang didampingi Ketua umum TP PKK Pusat, Erni Gundarti Tjahjo Kumolo mengatakan penyelenggaraan Jambore Nasional tahun 2016, bertujuan meningkatkan kemampuan kader agar lebih berprestasi, serta mengembangkan kreativitas Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), demi meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Usaha PeningkatanPendapatanKeluarga (UP2K) harus benar-benar ditingkatkan, modal yang paling simple dan murah yakni dengan mengelola sampah rumah tangga menjadi sesuatu yang punya nilai jual. Hal ini sesuai dengan tema Jambore tahun ini. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Menunjang Terwujudnya Ketahanan Keluarga,” kata Mendagri.

Dijelaskan, sebagai mitra pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat, peranan aktif jajaran TP PKK mulai tingkat pusat sampai desa/kelurahan sangat diperlukan untuk mencapai tujuan yang sama-sama kita inginkan, yakni meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

pkk-2

Dalam Jambore ini digelar berbagai lomba, yakni pentas kreatifitas daerah peserta seluruh Provinsi se Indonesia, Pameran kegiatan UP2K PKK dan lomba kegiatan PKK, atraksi kesenian daerah, lomba pidato 10 program pokok PKK, lomba penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Bina Keluarga Balita (BKB) dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN).

Tercatat sebanyak 806 orang kader dari seluruh Provinsi se-Indonesia menghadiri dan mengikuti rangkaian kegiatan jambore yang berlangsung selama 4 hari ini.Provinsi Maluku sendiri mengirimkan sebanyak 30 orang kader yang berasal dari TP PKK Kota Ambon.

Penjabat Walikota Ambon, Ir. Frans J. Papilaya,M.Si, Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru, SH, MH Ketua TP PKK Propinsi Maluku, Ny. Retty Assagaf turut hadir untuk mendukung dan memberikan semangat bagi kader TP PKK Kota Ambon dalam kegiatan ini. (HT)