Kelompok Kerja II

Pokja II Berperanserta dalam upaya peningkatan Pendidikan untuk mewujudkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam usaha memenuhi kebutuhan pendidikan dasar melalui wajib belajar 12 Tahun, dan pemberian keterampilan keluarga dalam upaya peningkatan dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan Usaha Mikro Kecil, serta pengembangan kehidupan berkoperasi. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, yaitu Pendidikan dan Keterampilan, dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.

A. Tugas

  1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui pelatihan keterampilan usaha ekonomi produktif, ekonomi kreatif, dan Usaha Mikro Kecil.
  2. Mengembangkan kehidupan berkoperasi melalui peningkatan kelompok dan kualitas Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK.
  3. Identifikasi kebutuhan pelatihan: Latihan Penyuluh dan Pengelola Program PKK (LP3PKK), Tim Penggerak dan Ketua-Ketua Kelompok PKK (TPK3PKK), Pemberdayaan Masyarakat PKK (DAMAS PKK) dengan penyempurnaan modul-modul PKK, dan pelatihan keterampilan dalam peningkatan ekonomi keluarga.
  4. Mendorong terbentuknya koperasi dan memotivasi keluarga tentang manfaat koperasi sebagai salah satu upaya pembinaan dan peningkatan ekonomi keluarga.
  5. Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pendidikan untuk semua.
  6. Memantapkan Kelompok Belajar (Kejar) Paket A, B dan C.
  7. Membantu program Keaksaraan Fungsional (KF) dalam rangka meningkatkan pendidikan keluarga.
  8. Meningkatkan pengetahuan Tim Penggerak PKK dan kelompok-kelompok PKK dan Dasawisma melalui penyuluhan, orientasi dan pelatihan.
  9. Meningkatkan pendidikan dan keterampilan dalam keluarga untuk peningkatan ekonomi keluarga.

B. Prioritas Program

  1. Pendidikan dan Keterampilan;
    • Meningkatkan kualitas pengelolaan kegiatan pemberdayaan ekonomi keluarga yang meliputi keterampilan di bidang ekonomi produktif, dan ekonomi kreatif.
    • Meningkatkan keterampilan kecakapan hidup (Life Skill) dan pendidikan keluarga formal dan informal bekerjasama dengan instansi dan lembaga terkait.
    • Meningkatkan dan menyuluh keluarga tentang Wajib Belajar Dua Belas Tahun (Wajar 12 tahun).
    • Meningkatkan kapasitas Tutor kejar Paket A, B, dan C melalui pelatihan bekerjasama dengan instansi terkait.
    • Meningkatkan mutu dan jumlah pelatih PKK dengan mengadakan pelatihan Pelatih/Training of Trainer(TOT).
    • Menyempurnakan modul-modul pelatihan-pelatihan keterampilan keluarga, TPK3PKK, LP3PKK, dan DAMAS PKK sesuai dengan perkembangan kelembagaan yang ada.
    • Meningkatkan pengetahuan, kemampuan baca tulis, dan membudayakan minat baca masyarakat melalui Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
  2. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi;
    • Penguatan/pengembangan Kelompok-kelompok UP2K-PKK
    • Meningkatkan Sumberdaya Manusia/Pengelola program UP2K-PKK dalam upaya pengembangan program UP2K-PKK.
    • Pengembangan pemasaran hasil produksi UP2K-PKK melalui Pameran dan kemitraan dengan Kementerian dan lembaga serta instansi terkait.
    • Mengembangkan kreatifitas Usaha Mikro Kecil dalam upaya peningkatan produktifitas dan ekonomi Keluarga.
    • Mendorong Poksus UP2K-PKK agar membentuk koperasi yang berbadan hukum.
    • Memotivasi keluarga agar tahu, mau, dan mampu menjadi anggota koperasi untuk meningkatkan ekonomi keluarga.