Kelompok Kerja III

Pokja III Mengembangkan dan memanfaatkan potensi dan sumberdaya keluarga dalam rangka pemenuhan kebutuhan keluarga dan diversifikasi pangan lokal, pemanfaatan sumberdaya alam, melalui teknologi tepat guna dengan pemanfaatan lahan pekarangan. Cinta dan bangga menggunakan dan memanfaatkan produk dalam negeri, serta mewujudkan rumah sehat dan layak huni. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, yaitu Pangan, Sandang, dan Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga.

A. Tugas

  1. Memantapkan Gerakan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA PKK) dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pangan keluarga melalui penganekaragaman tanaman dan pangan.
  3. Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dam Aman (B2SA), berbasis sumber daya lokal.
  4. Sosialisasi dalam upaya memanfaatkan sumberdaya energi dan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam upaya efektifitas dan efisiensi kerja.
  5. Pengembangan dan Sosialisasi rumah sehat dan layak huni sebagai upaya terwujudnya kualitas hidup keluarga.
  6. Meningkatkan produktifitas dan penggunaan bahan sandang dalam negeri dalam upaya menumbuhkan rasa bangga dan cinta produk dalam negeri.
  7. Berperan serta dalam kegiatan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait.

B. Prioritas Program

  1. Pangan;
    • Sosialisasi Gerakan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (HATINYA PKK) dalam pemenuhan kebutuhan pangan keluarga dengan mengoptimalkan lahan pekarangan dengan Tanaman Pangan dan Tanaman Produktif yang bernilai ekonomi bagi keluarga.
    • Mendukung tercapainya gerakan percepatan keanekaragaman konsumsi pangan
    • Mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dam Aman (B2SA), mengkonsumsi sumber protein (Gemar ikan) berbasis sumber daya lokal masyarakat dan potensi daerah.
    • Mendukung/berperan serta dalam kegiatan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait.
  2. Sandang;
    • Membudayakan perilaku berbusana sesuai dengan moral budaya Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat dan mencintai produk dalam negeri (aku cinta produk Indonesia)
    • Pengembangkan Pola Pendampingan kepada Usaha Kecil Mikro (UKM) dalam mengakses sumber pendanaan dan pemasaran bekerjasama dengan instirtusi terkait dan dunia usaha.
    • Memasyarakatkan pakaian adat di kalangan remaja pada acara tertentu
  3. Perumahan dan Tata Laksana Rumahtangga;
    • Memasyarakatkan pemanfaatan sumberdaya energi dan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam mendukung kebutuhan dan sarana dan prasarana dalam rumah tangga.
    • Sosialisasi rumah sehat layak huni kepada masyarakat melalui pembinaan keluarga sehat.
    • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang Tatalaksana Rumah Tangga dalam harmonisasi kehidupan keluarga (termasuk penghuni rumah susun).
    • Mendukung pelaksanaan program bedah rumah dalam upaya rumah sehat layak huni bagi keluarga pra sejahtera