Kelompok Kerja IV

Pokja IV mengelola Meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan lingkungan dengan menerapkan Hidup Bersih Sehat, mencegah dan menanggulangi penyakit menular dan tidak menular, berperanserta dalam upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (AKBa), berpartisipasi dalam pencapaian Sustainable Development Goals(SDGs), melestarikan lingkungan hidup, Keluarga Berencana, dan perencanaan sehat. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, yaitu Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.

A. Tugas

  1. Melaksanakan Program Keluarga Sadar Sehat dan Kesehatan Masyarakat melalui Pola Hidup Sehat dalam keluarga dengan mencegah dan menanggulangi penyakit menular dan tidak menular.
  2. Meningkatkan pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rumah tangga serta mewujudkan keluarga kecil, bahagia, sejahtera dalam mewujudkan generasi yang sehat, cerdas dan tangguh serta Meningkatkan asuhan mandiri dalam keluarga melalui pemanfaatan pengelolaan hasil Taman Obat Keluarga (TOGA) dan akupresur.
  3. Membina pelaksanaan kegiatan Posyandu dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas Kader Posyandu
  4. Mendukung promotif dan preventif kesehatan berbasis keluarga antara lain melalui Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) seperti Posyandu, Posbindu, dan Polindes.
  5. Meningkatkan kesadaran keluarga tentang manfaat kelestarian lingkungan hidup.
  6. Berperan aktif dalam pencapaian tujuan pembangunan program Sustainable Development Goal’s (SDGs).

B. Prioritas Program

  1. Kesehatan;
    • Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rumah tangga sebagai gaya hidup sehari-hari untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia, sejahtera dalam mewujudkan generasi yang sehat.
    • Pembinaan peran serta masyarakat dalam upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Balita (AKBAL) melalui: (1)Pembinaan Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K).(2)Pembinaan Pelaksanaan Imunisasi Dasar Lengkap dan Imunisasi Rutin.(3)Pembinaan pelaksanakan pencatatan Ibu hamil, kelahiran, kematian bayi, kematian balita, dan kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas.
    • Melaksanakan program di bidang kesehatan dengan sosialisasi upaya peningkatan kemauan dan kemampuan keluarga dalam mewujudkan “Keluarga Sadar Sehat” dengan mendorong keluarga untuk memahami Pola Hidup sehat dalam keluarga dengan mencegah dan menanggulangi penyakit menular (seperti diare, TBC, infeksi paru lainnya, malaria, HIV/AIDS) dan tidak menular (seperti Kanker, Diabetes, Hypertensi).
    • Mendukung program pencegahan dan deteksi dini Kanker pada perempuan (Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim).
    • Advokasi, Komunikasi, dan Mobilisasi sasaran dalam pelaksanaan Imunisasi Dasar Lengkap serta peningkatan kesadaran dan kemauan masyarakat untukpencegahan penyakit menular dan tidak menular serta Sosialisasi Asuhan Mandiri dalam keluarga melalui pemanfaatan pengelolaan Hasil Taman Obat Keluarga dan akupresur.
    • Mendukung dan berperan aktif dalam mewujudkan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI).
    • Optimalisasi kegiatan posyandu yang terintegrasi dengan layanan dasar masyarakat dalam upaya pencapaian program Desa Siaga serta peningkatan Kualitas Kader Posyandu melalui Sosialisasi modul pelatihan kader Posyandu berkejasama dengan institusi terkait.
  2. Kelestarian Lingkungan Hidup;
    • Lingkungan Bersih dan Sehat
      1. Meningkatkan kesadaran tentang kebersihan dalam rumah dan pengelelolaan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).
      2. Sosialisasi dan menanamkan kebiasaan memilah sampah dan daur ulang limbah rumah tangga (sampah organik dan non organik) serta Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)
      3. Meningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat untuk menggunakan air bersih, jamban sehat, dan memelihara kesehatan lingkungan melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).
    • Kelestarian Lingkungan Hidup
      1. Sosialisasi kualitas lingkungan dan pemukiman, kebersihan dan kesehatan, pada pemukiman yang padat, dalam rangka terwujudnya kota bersih dan sehat.
      2. Pembinaan kelestarian lingkungan hidup melalui pembinaan keluarga dalam rangka optimalisasi upaya mencegah dampak pemanasan global (global warming).
      3. Mendukung program penanaman pohon sebagai paru-paru kota dan pencegahan polusi udara.
  3. Perencanaan Sehat; Meningkatkan kegiatan dalam program perencanaan sehat dengan:
    • Meningkatkan penyuluhan tentang pentingnya pemahaman dan kesertaan dalam program Keluarga Berencana menuju keluarga yang berkualitas.
    • Meningkatkan kemampuan perencanaan kehidupan keluarga sehari-hari dengan cara membiasakan menabung, untuk keseimbangan pemasukan dan pengeluaran keuangan keluarga.
    • Mendukung kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB-KES dalam upaya meningkatkan cakupan hasil pelayanan KB-KES.